Hanya di Irak, Obama Jadi Nama Mobil

Orang sering membuat sebutan atau julukan bagi barang pribadi yang menjadi kesayangan mereka. Tak terkecuali terhadap sebuah mobil.



Tahukah Anda, orang-orang Kurdi di Irak menyebut mobil mereka bukan dengan merek tapi sebutan atau julukan.

Menurut laporan The Wall Street Journal, sejak wilayah Kurdi di Irak kebanjiran mobil asing menyusul tumbangnya Saddam Hussein pada 2003, orang-orang Kurdi punya masalah dalam menyebut merek mobil.

Itulah mengapa mereka menggunakan julukan karena lebih mudah dalam mengucapkan. Orang-orang Kurdi menyebut mobil Chrysler 300 sebagai Obama. Inilah jenis mobil yang paling populer di wilayah Kurdi. Semua berawal saat Presiden Amerika Barack Obama datang ke wilayah tersebut menggunakan Chrysler 300.

Semua warga Erbil menyebut Chrysler 300 dengan Obama. Jangan kaget saat Anda mendengar orang sedang menelepon berbicara seperti ini "Temui aku di luar. Aku yang naik Obama".

Sementara Toyota Land Cruiser mendapat julukan Wanawasha yang diambil dari nama penyanyi dan artis terkenal Kurdi. Dan Toyota Corolla dapat julukan Sabaw, juga dicomot dari nama artis Kurdi.

Kia Soul disebut Potin atau sepatu militer karena bentuknya yang mengotak. Dan Mercedes-Benz W123 mereka sebut Neiew Dinar (dinar setengah) karena tiap lampu utamanya punya lampu kecil di sampingnya.

Namun tradisi memberi julukan nama kepada mobil-mobil itu sudah dilakukan sebelum 2003. Sebelum dijuluki Wanawasha, Toyota Land Cruiser dinamai Monica. Nama itu mulai dipakai sejak sk*ndal sekretaris Presiden Bill Clinton dengan sekretarisnya Monica Lewinsky menyeruak di media.

Hanya saja tak seorang pun di Erbil yang bisa menjelaskan apa hubungannya Monica dengan sebuah Toyota.

(Ism, Sumber: Carscoop.com)



Sumber : keunikanseluruhdunia . blogspot . com - yang unik, emang asyik :)