Keren! Siswa Ini Belajar dengan Papan Tulis Touchscreen......

Dulu mungkin ketika masih SD ada sekolah yang masih menggunakan papan tulis dengan kapur tulis. Setelah itu lalu berkembang menjadi papan tulis dengan menggunakan spidol. Kini, papan tulis masa depan telah hadir, yaitu papan tulis touchscreen. Karena teknologinya, kelas yang memakai  papan tulis touchscreen ini diberi nama “Kelas Star Trek”.Papan tulis yang berbentuk meja ini dibuat oleh para ahli dari Universitas Durham dan sudah diujicoba selama tiga tahun pada lebih dari 400 orang pelajar SD. Dan studi menyebutkan kalau metode menggunakan papan tulis ini bisa menambah kemampuan berhitung pelajar tersebut.Profesor Liz Burd dari Universitas Durham menyatakan bahwa menggunakan papan tulis ini mampu membuat siswa belajar lebih efektif. Dan keefektifan itu tidak muncul saat menggunakan metode lama, yaitu menggunakan buku tulis.Fitur multi touch papan tulis ini memungkinkan semua siswa untuk ikut belajar dalam satu meja papan tulis. Peran guru juga sangat penting di dalam kelas dan bisa memberikan tugas baik tugas perorangan atau tugas kelompok.

Emma Mercier, salah seorang peneliti yang juga dari Universitas Durham, mengatakan kalau siswa-siswa dalam “Kelas Star Trek” itu sangat antusias dalam proses belajarnya, terutama belajar matematika. Terkadang siswa-siswa tersebut terlihat kecewa saat papan tulisnya dimatikan.
Dengan adanya teknologi ini, diharapkan para guru bisa terbantu dan bisa menetapkan metode belajar kelompok untuk bisa menambah kemampuan berhitung siswa-siswanya.



5



Sumber : keunikanseluruhdunia . blogspot . com - yang unik, emang asyik :)