Bila Pemotor Ingin Berkendara di Tengah Hujan, Perhatikan Faktor Ini !!!



Karna Sekarang Lagi Musim Hujan Ts Mau Berbagi tips Berkendara Saat Hujan, Oke Langsung Aja Cekidot !!!


1. Pada musim hujan motor biasanya mudah sekali kehilangan traksi, atau
cengkeraman ban. Untuk itu telapak ban (vulkanisir) sendiri kedalamannya tidak boleh kurang dari 2 milimeter dari tread wear indicator (TWI). Bila ban sudah berkurang telapak bannya, maka ban motor mudah sekali mengalami celaka.

Spoiler for pict:

Tekanan angin ban jangan sampai berlebih, harus kurang dari ukuran normal atau musim kering. Yang tak kalah penting, karet ban punya masa pakai alias ada kedaluwarsanya yang biasanya tercantum pada side wall ban.



2. Perhatikan lampu kendaraan, baik lampu depan, lampu sein hingga lampu rem. Semua lampu harus berfungsi laik pakai dan hidup. Lampu ini akan membantu visibilitas para pengguna jalan yang lain.

Spoiler for pict:




3. Perhatikan kondisi rem dan jarak pengereman. Jarak pengereman akan semakin panjang di jalanan yang basah. Perhatikan jarak aman antar kendaraan.


Spoiler for pict:






4. Waktu perjalanan agar memperhatikan cuaca. Kalau cuaca hujan badai sebaiknya menunda perjalanan. Kalau tiba-tiba di tengah jalan ada hujan badai, segera berhenti di tempat yang benar dan aman, bukan di kolong jembatan atau badan jalan karena itu akan bisa menutup jalan, menimbulkan kemacetan dan mengganggu hak-hak pengguna jalan lain.

Tempat yang aman dan benar misalnya di gedung-gedung parkir di mal, pertokoan atau perkantoran.

Spoiler for pict:

yang begini nih malah tambahin bikin macet




5. Jangan berhenti di bawah pohon dan billboard karena bila ada angin besar, pohon tua dan billboard ada kemungkinan jatuh.

Spoiler for pict:





6. Waspada genangan air. Hendaknya berjalan hati-hati di genangan air karena bisa saja dalam genangan air itu ada lubang membahayakan pengemudi yang bisa mengganggu keseimbangan.

Spoiler for pict:




7. Perhatikan limpasan air. Limpasan air dari kendaraan yang berlawanan bisa menganggu visibilitas pengendara yang membuat kendaraan hilang kendali.

Spoiler for pict:




8. Pakai jas hujan yang 2 potong, atasan dan celana. Jangan pakai jas hujan model ponco karena itu berpotensi membahayakan, bisa tersangkut dan terlilit masuk ke jeruji roda-roda sepeda motor/pun menghalangi lampu sein.

Spoiler for pict:



 bahaya gan






9. Sebaiknya memakai helm full face dan tutup rapat kaca helmnya selama berkendara di bawah guyuran hujan. Ada baiknya juga mengganti kaca helm dengan yang bahan mika bening agar pandangan tak terganggu meski berkendara saat hujan.

Spoiler for pict:




10.Saat berkendara di waktu hujan, tidak dianjurkan untuk menghapus air hujan yang menempel di kaca helm dengan telapak tangan, karena langkah ini hanya akan membuat pandangan jadi makin kabur

Spoiler for pict:




11.. Pergunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendaraan.

Spoiler for pict:

jangan pake sendal jepit yah gan bahaya




12. Hindari mengebut
Saat hujan turun, air akan bercampur dengan kotoran dan juga minyak yang terdapat di jalan. Akibatnya jalan akan semakin licin dan jika anda memaksa meningkatkan kecepatan berkendara anda, resiko untuk tergelincir semakin tinggi. Tips berkendara saat hujan ini pernting untuk anda perhatikan karena banyak kasus kecelakaan yang terjadi yang bermula dari tergelincir.

Spoiler for pict:

 kebut2an sih udah tau licin




13.. Usahakan jangan menerobos genangan air
Tips berkendara saat hujan yang ini karena melihat banyaknya pengalaman yang menyatakan bahwa ketika mereka menerobos genangan air, mereka terjebak pada lubang. Masih beruntung jika hanya lubang yang dangkal, jika lubang tersebut merupakan lubang yang dalam, tentunya akan menjadi masalah besar untuk anda. Selain itu, genangan air juga mungkin dapat membuat kendaraan anda mogok karena ada bagian mesin yang terendam oleh air.

Spoiler for pict:




14. Apabila terjebak banjir dan kendaraan anda mogok karena air masuk ke saluran pembuangan gas kendaraan anda, jangan menghidupkan mesin kembali lebih baik didorong ketempat yang aman, karena dikhawatirkan sistem pengapian anda mengalami korsleting dan dapat membuat kendaran anda terbakar.

Spoiler for pict:



15Jangan Mengendarai motor dengan satu tangan memegang payung

Spoiler for pict:



16. Jangan mengerem dan mengegas secara mendadak.
Jika anda mengerem secara mendadak maka ban akan mengunci dan sepeda motor dipastikan oleng. Jika harus mengurangi kecepatan maka lakukanlah secara bertahap. Inilah gunanya menjaga jarak aman lebih jauh dengan kendaraan yang ada di depan dibandingkan pada saat kondisi jalan kering.




17. Hindari menyalip. Jikapun akan menyalip, pastikan di depan kendaraan yang akan disalip tidak terdapat kendaraan lain. Pastikan juga tidak ada kendaraan lain dari arah berlawanan.



18. Hindari berbelok terlalu patah dan rebah dengan kecepatan tinggi. Kurangi kecepatan hingga merasa aman untuk melakukan manuver secara perlahan.







Sumber : keunikanseluruhdunia . blogspot . com - yang unik, emang asyik :)